PROGRAM ADIWIYATA
SMA NEGERI 1 RANTAU
TAHUN PELAJARAN 2014-2015
A. Latar Belakang
Kementerian Negara Lingkungan Hidup bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan Nasional telah menggulirkan Program Adiwiyata, yaitu Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan dengan harapan dapat mengajak warga sekolah melaksanakan proses belajar mengajar materi lingkungan hidup dan turut berpatisipasi melestarikan serta menjaga lingkungan hidup di sekolah dan sekitarnya. Tujuan program ini adalah menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, sehingga dikemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggung jawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan dan pembangunan berkelanjutan.
Tujuan dari program Adiwiyata adalah menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran & penyadaran warga sekolah (guru, murid & pekerja lainnya), sehingga di kemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggung jawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan & pembangunan berkelanjutan .
Disamping itu, indikator Program Adiwiyata yang dijabarkan dalam 4 kriteria itu jika dilaksanakan memiliki keuntungan yang besar bagi sekolah. Hal ini yang memberikan motivasi kepada kami pihak sekolah dalam mengikuti program adiwiyata ini.
Potensi yang dimiliki SMA Negeri 1 Rantau sangat mendukung untuk mengikuti lomba Adiwiyata. Untuk itulah , kami menjadikan Sekolah Adiwiyata sebagai program unggulan sekolah untuk tahun pelajaran 2013/2014 dalam rangka meraih juara dalam lomba sekolah adiwiyata tingkat provinsi dan dapat mewakili Kalimantan Selatan untuk tingkat nasional.
B. Tujuan
1. Mendukung pencapaian standar kompetensi/ kompertensi dasar dan standar kompetensi lulusan (SKL) pendidikan dasar dan menengah.
2. meningkatkan efesiensi penggunaan dana operasional sekolah melalui penghematan dan pengurangan konsumsi dari berbagai sumber daya dan actor.
3. Menciptakan kebersamaan warga sekolah dan kondisi belajar mengajar yang lebih nyaman dan kondusif.
4. Menjadi tempat pembelajaran tentang nilai‐nilai pemeliharaan dan pengelolaan lingkungan hidup yang baik dan benar bagi warga sekolah dan masyarakat sekitar.
5. Meningkatkan upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup meIalui kegiatan pengendalian pencemaran, pengendalian kerusakan dan pelestarian fungsi lingkungan di sekolah.
C. Deskripsi Program
Dalam rangka mewujudkan Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan, SMA Negeri 1 Rantau menyusun rencana kegiatan yang akan dicapai selama 4 tahun kedepan. Rencana kegiatan ini disusun pada Tahun Pelajaran 2013/2014.
1. Tabel Rencana Kegiatan jangka menengah
A. Pengembangan Kebijakan Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan
Tujuan
|
Kegiatan
|
Sasaran
|
Output
|
Waktu Tahun Ke-
| |||
I
|
II
|
III
|
IV
| ||||
Mengembangkan Visi dan Misi
|
Menyusun Visi dan Misi Sekolah Adiwiyata
|
Kepsek, Guru, Komite
|
Visi dan Misi tercantum dalam KTSP
|
√
| |||
Sosialisasi Visi dan Misi sekolah Adiwiyata
|
Seluruh warga sekolah
|
Tersosialisasi Visi dan Misi Sekolah adiwiyata
|
√
| ||||
Mengevaluasi pelaksanaan Visi dan misi Sekolah adiwiyata
|
Seluruh warga sekolah
|
Perbaikan atau revisi misi dan visi sekolah
|
√
| ||||
Mengembangkan kurikulum Pendidikan Lingkungan hidup
|
Himbauan untuk pengintegrasian PLH dalam Mata Pelajaran dan Pengembangan diri
|
Guru mata pelajaran IPA,IPS, Penjaskes, Pendidikan Agama, Muatan Lokal dan Pengembangan diri
|
PLH terintegrasi dalam mata pelajaran tertentu
|
√
| |||
Menyusun Kurikulum Sekolah (KTSP) yang menginte-grasikan PLH dalam Mata Pelajaran dan pengembangan diri
|
Kepsek, Guru dan Komite
|
Tersusunnya muatan PLH dalam mata pelajaran tertentu dalam KTSP
|
√
| ||||
Pengembangan kurikulum pembe-lajaran PLH secara monolitik
|
Kepsek, guru dan komite
|
Adanya mata pelajaran PLH dalam muatan local
|
√
| ||||
Melaksanakan kegiatan rutin tahunan yang bertema Lingkungan hidup
|
Penanaman pohon / penghijauan
|
Seluruh warga sekolah
|
Sekolah yang hijau dan rindang
|
√
| |||
Lomba kebersihan kelas dan ling-kungan sekitarnya
|
Siswa
|
Kelas yang bersih dan sehat
|
√
| ||||
Lomba menga-rang / poster ber-tema Lingkungan
|
Siswa
|
Peningkatan kemampuan menulis dan pemahaman tentang LH
|
√
| ||||
Peningkatan Kapasitas SDM warga sekolah
|
Seminar
|
Kepsek dan guru
|
Meningkatnya pemahaman tentang PLH
|
√
| |||
Lokakarya / workshop
|
Kepsek dan guru
|
Meningkatnya keterampilan dalam menge-lola LH
|
√
| ||||
Studi Banding
|
Kepsek dan guru
|
Menambah pengetahuan tentang Adiwiyata
|
√
| ||||
Sosialisasi penerapan PLH
|
Pengarahan pada saat upacara bendera
|
Seluruh warga sekolah
|
Tersosialisasi-nya penerapan PLH
|
√
| |||
pengarahan pada saat rapat komite
|
komite / orang tua siswa
|
Tersosialisasi-nya penerapan PLH
|
√
| ||||
Ffisiensi penggu-naan air, listrik, alat tulis kantor
|
Meyusun surat keputusan tentang petunjuk pelaksa-naan hemat SDA
|
Kepsek, Guru dan staf Tata usaha
|
Pedoman Hemat Sumber Daya Alam
|
√
| |||
Sosialisasi Pedo-man Hemat Sum-ber Daya Alam
|
Seluruh warga sekolah
|
Tersosialisasi-nya Pedoman Hemat SDA
|
√
| ||||
Terciptanya lingkungan yang bersih dan sehat
|
Menyusun surat keputusan tentang petunujuk pelak-sanaan sekolah yang bersih dan sehat
|
Kepsek, Guru dan staf Tata usaha
|
Pedoman Budaya Bersih dan Sehat
|
√
| |||
Sosialisasi Pedo-man Budaya Bersih dan Sehat
|
Seluruh warga sekolah
|
Tersosialisasi-nya Pedoman Budaya Ber-sih dan Sehat
|
√
| ||||
Mengalokasikan anggaran bagi kegiatan PLH
|
Penyediaan prasa-rana kebersihan
|
Sekolah
|
Lingkungan sekolah yang bersih
|
√
| |||
Pembelian pohon dan tanaman hias/ bunga
|
Sekolah
|
Lingkungan sekolah yang hijau dan indah
|
√
| ||||
Pelatihan bertema lingkungan hidup di sekolah
|
Kepsek, guru
|
Terampil dalam pengolahan sampah dan pembuatan kompos
|
√
|
B. Pengembangan Kurikulum Berbasis Lingkungan Hidup
Tujuan
|
Kegiatan
|
Sasaran
|
Output
|
Waktu Tahun Ke-
| |||
I
|
II
|
III
|
IV
| ||||
Mengembangkan kurikulum pembe-lajaran PLH
|
Menyusun silabus terkait PLH secara integrasi
|
Kepsek, Guru mata pelajaran terkait
|
Silabus mata pelajaran terintegrasi
|
√
| |||
Menyusun silabus mata pelajaran PLH
|
Kepsek, Guru mata pelajaran PLH
|
Silabus Mata pelajaran PLH
|
√
| ||||
Mengembangkan materi PLH berda-sarkan isu local
|
Menyusun silabus berisikan materi isu acto LH pada acto-ror mata pelajaran terkait
|
Kepsek, Guru mata pelajaran terkait
|
Silabus beri-sikan materi isu acto LH pada actoror mata pelajaran terkait
|
√
| |||
Menyusun silabus berisikan materi isu acto LH pada acto-ror mata pelajaran PLH
|
Kepsek, Guru mata pelajaran PLH
|
Silabus beri-sikan materi isu acto LH pada actoror mata pelajaran PLH
|
√
| ||||
Mengembangkan materi PLH berda-sarkan isu global
|
Menyusun silabus berisikan materi isu global LH pada actoror mata pela-jaran terkait
|
Kepsek, Guru mata pelajaran terkait
|
Silabus berisi-kan materi isu global LH pa-da actoror ma-ta pelajaran terkait
|
√
| |||
Menyusun silabus berisikan materi isu global LH pada actoror mata pela-jaran PLH
|
Kepsek, Guru mata pelajaran PLH
|
Silabus berisi-kan materi isu global LH pa-da actoror mata pelajaran PLH
|
√
| ||||
Mengembangkan metode pembela-jaran PLH
|
Menyusun silabus dengan metode pembelajaran yang bervariasi
|
Kepsek, Guru mata pelajaran terkait
|
Silabus Mapel terintegrasi dan atau monolitik
|
√
| |||
Memanfaatkan sumber belajar PLH
|
Menyusun silabus dengan peman-faatan sumber belajar PLH yang ada disekolah
|
Kepsek, Guru mata pelajaran terkait
|
silabus deng-an pemanfa-atan sumber belajar PLH yang ada disekolah
|
√
| |||
Menyusun silabus mata pelajaran PLH dengan pemanfaatan sumber belajar PLH yang ada disekolah
|
Kepsek, Guru mata pelajaran PLH
|
Silabus Mata pelajaran PLH dengan pemanfaatan sumber bela-jar PLH yang ada disekolah
|
√
| ||||
Mengimplementasikan hasil pembe-lajaran PLH dalam kegiatan kurikuler
|
Pencangkokan tanaman
|
Siswa
|
Siswa dapat mencangkok tanaman / pohon
|
√
| |||
Pengolahan sampah
|
Siswa
|
Siswa dapat mengelola sampah secara sederhana
|
√
|
C. Pengembangan Kegiatan Lingkungan Berbasis Partisipatif
Tujuan
|
Kegiatan
|
Sasaran
|
Output
|
Waktu
| |||
I
|
II
|
III
|
IV
| ||||
Mengembangkan kegiatan dalam ekstrakurikuler atau kokurikuler
|
Piket Kebersihan
|
Siswa
|
Ada jadwal kebersihan sekolah
|
√
| |||
Lomba Kebersihan kelas
|
Siswa
|
Meningkatnya motivasi siswa dalam menjaga kebersihan ke-las dan ling-kungan seki-tarnya
|
√
| ||||
Masa orientasi Siswa Baru
|
Siswa
|
Siswa baru dapat mengenal tentang PLH
|
√
| ||||
Lomba majalah dinding
|
Siswa
|
Meningkatnya kemampuan menulis siswa
|
√
| ||||
Kemah Bakti
|
Siswa
|
Siswa dapat mempraktek kan matei PLH yang didapatnya
|
√
| ||||
Mengadakan kegiatan-kegiatan LH yang melibat-kan masyarakat sekitar
|
Penanaman Pohon / penghijauan
|
Warga seko-lah,masya-rakat sekitar
|
Teciptanya lingkungan Sekolah dan sekitarnya yang hijau
|
√
| |||
Seminar
|
guru diwila-yah kecama-tan Rantau
|
Mensosialisasikan PLH kepada guru-guru sekolah lain
|
√
| ||||
Mengikuti kegiat-an LH yang dipra-karsai pihak luar
|
Lomba Sekolah Sehat (UKS)
|
warga seko-lah
|
Sekolah yang bersih dan sehat
|
√
| |||
Aksi penanaman sejuta pohon
|
warga seko-lah, masya-rakat sekitar
|
Lingkungan sekolah dan sekitarnya yang rindang
|
√
| ||||
Lomba pidato bertema lingkungan
|
Siswa siswa di sekolah se-kecamat-an
|
Meningkatnya kemampuan berpidato dan pemahaman LH pada siswa
|
√
| ||||
Melakukan kemi-traan dengan pihak luar dalam pe-ngembangan PLH
|
Penyusunan materi ajar lingkungan hidup
|
Guru dan pihak terkait
|
Tersusunnya materi ajar muatan acto PLH
|
√
|
D. Pengembangan dan atau Pengelolaan Sarana Pendukung Sekolah Yang Ramah Lingkungan
Tujuan
|
Kegiatan
|
Sasaran
|
Output
|
Waktu
| |||
I
|
II
|
III
|
IV
| ||||
Memanfaatkan sarana pendukung sekolah sebagai media pembela-jaran
|
Pemanfaatan Rumah kaca
|
Siswa
|
Siswa dapat memanfaat kan rumah kaca
|
√
| |||
Pemanfaatan pohon/kebun
|
Siswa
|
Siswa dapat menanam/mencangkok dengan baik
|
√
| ||||
Pembibitan
|
Siswa
|
Siswa dapat melakukan pembibitan tanaman
|
√
| ||||
Pemanfaatan mesin pencacah sampah
|
Siswa
|
Siswa dapat melakukan pengelolaan sampah
|
√
| ||||
Mengelola sarana dan prasarana sekolah yang ramah lingkungan
|
Pengaturan ruang kelas
|
siswa
|
Ruang kelas memenuhi syarat kesehatan
|
√
| |||
Pemeliharaan dan pengaturan pohon peneduh / penghi-jauan
|
warga seko-lah
|
Lingkungan sekolah yang teduh dan rindang
|
√
| ||||
Mengelola fasilitas sanitasi
|
Membuat jadwal kegiatan pengelo-laan sanitasi
|
siswa, guru, staf tata usaha
|
Adanya jadwal/ piket pengelo-laan sanitasi
|
√
| |||
pengadaan bong untuk air bersih di setiap halaman depan kelas
|
warga seko-lah
|
Tersedianya tempat cuci tangan bagi siswa dan guru
|
√
| ||||
Penambahan WC siswa
|
warga seko-lah
|
Tersedianya WC tambahan bagi siswa
|
√
| ||||
Pembuatan penam-pungan air limbah
|
warga seko-lah
|
Tersedianya tempat penampungan air limbah
|
√
| ||||
Perbaikan saluran drainase
|
warga seko-lah
|
Saluran drainasi yang lebih baik
|
√
| ||||
Menghemat SDA
|
Membuat surat edaran penghemat-an SDA
|
Kepsek, guru , siswa
|
Surat Edaran penghematan SDA
|
√
| |||
Sosialisasi penghe-matan SDA
|
warga seko-lah
|
Tersosialisasinya surat edaran penghematan SDA
|
√
| ||||
Membuat himbau-an-himbauan dilo-kasi tertentu
|
Kepsek, guru
|
Adanya pos-ter/himbauan di ling-kungan sekolah
|
√
| ||||
Mengelola kantin dan atau makanan yang sehat
|
Mengangkat pengawas kantin
|
Kepsek, guru
|
Adanya SK pengawas kantin
|
√
| |||
Membuat tata tertib kantin
|
Kepsek, guru, peda-gang kantin
|
Tata tertib kantin
|
√
| ||||
Menyediakan tempat sampah terpisah
|
warga sekolah
|
Tersedianya Tempat sampah terpisah di kantin
|
√
| ||||
Menyediakan tempat cuci tangan
|
siswa, pedagang kantin
|
Tersedianya bong tempat cuci tangan di kantin
|
√
| ||||
Menempelkan poster/himbauan makanan sehat
|
Kepsek, guru, peda-gang kantin
|
Adanya poster / himbauan makanan sehat di kantin
|
√
| ||||
Mengelola sampah
|
Menyediakan tempat sampah terpisah di setiap halaman depan ruangan
|
warga seko-lah
|
Tersedianya tempat sam-pah terpisah di setiap hala-man depan ruang kelas dan guru
|
√
| |||
Membuat/menyediakan tempat penam-pungan sampah sementara
|
warga seko-lah
|
Tersedianya bak sampah penampungan semen-tara
|
√
| ||||
Membuat Piket kebersihan guru dan siswa
|
Guru, siswa
|
Jadwal / piket kebersihan
|
√
| ||||
Pengolahan sampah sederhana
|
Siswa
|
Sampah yang telah diolah
|
√
|
2. Pelaksanaan Program Adiwiyata sampai Tahun Pelajaran 2013/2014.
A. Pengembangan Kebijakan Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan
No
|
Kegiatan
|
Pelaksanaan
|
Sasaran
|
Hasil yang dicapai
|
Kendala pelaksanaan
|
Tindak lanjut
|
1
|
Menyusun Visi dan Misi Sekolah Adiwiyata
|
Juli 2013
|
Kepsek, Guru, Komite
|
Visi dan Misi tercantum dalam KTSP
|
-
|
Revisi jika diperlukan
|
2
|
Sosialisasi Visi dan Misi sekolah Adiwiyata
|
Juli 2013 – Juni 2017
|
Seluruh warga sekolah
|
Tersosialisasi Visi dan Misi Seko-lah adiwi-yata
|
-
|
-
|
3
|
Himbauan untuk pengin-tegrasian PLH dalam Mata Pelajaran dan Pengembangan diri
|
September 2013
|
Guru mata pelajaran IPA,IPS, Penjaskes,Pendidikan Agama, Muatan Lokal dan Pengembangan diri
|
PLH terintegrasi dalam mata pelajaran tertentu
|
Penyesuaian dengan Sila-bus yang telah disusun secara bersama da-lam MGMP
|
Penyesuaian Silabus dengan penambahan materi PLH
|
4
|
Penanaman pohon / penghijauan
|
Januari 2014
|
Seluruh warga sekolah
|
Sekolah yang hijau dan rindang
|
-
|
Dilakukan secara berkelanju - tan
|
5
|
Pengarahan pada saat upacara bendera
|
setiap bulan
|
kepsek, guru
|
Tersosialisasinya penerapan PLH
|
-
|
-
|
6
|
pengarahan pada saat rapat komite
|
Rapat Komite bulan September 2013
|
Kepsek, komite / orang tua siswa
|
Tersosialisa sinya penerapan PLH
|
Tidak semua orangtua hadir
|
Diusahakan untuk menghadirkan seluruh wali murid
|
7
|
Meyusun surat keputusan tentang petunjuk pelaksanaan hemat SDA
|
Januari 2014
|
Kepsek, Guru dan staf Tata usaha
|
Pedoman Hemat Sumber Daya Alam
|
-
|
Revisi jika diperlukan
|
8
|
Sosialisasi Pedoman Hemat Sumber Daya Alam
|
Januari 2014 – Juni 2014
|
Seluruh warga sekolah
|
Tersosialisa sinya Pedoman Hemat SDA
|
-
|
-
|
9
|
Menyusun surat keputusan tentang petunujuk pelaksanaan sekolah yang bersih dan sehat
|
Januari 2014
|
Kepsek, Guru dan staf Tata usaha
|
Pedoman Budaya Bersih dan Sehat
|
-
|
Revisi jika diperlukan
|
10
|
Sosialisasi Pedoman Budaya Bersih dan Sehat
|
Januari 2014 – Juni 2014
|
Seluruh warga sekolah
|
Tersosialisasinya Pedoman Budaya Bersih dan Sehat
|
-
|
-
|
11
|
Penyediaan prasarana kebersihan
|
setiap Februari
|
Sekolah
|
Lingkungan sekolah yang bersih
|
Terbatasnya dana
|
kerjasama / mohon bantuan instansi terkait
|
12
|
Pembelian pohon dan tanaman hias/bunga
|
Maret 2014
|
Sekolah
|
Lingkungan sekolah yang hijau dan indah
|
Terbatasnya dana
|
kerjasama / mohon bantuan instansi terkait
|
B. Pengembangan Kurikulum Berbasis Lingkungan Hidup
No
|
Kegiatan
|
Pelaksa naan
|
Sasaran
|
Hasil yang dicapai
|
Kendala pelaksanaan
|
Tindak lanjut
|
1
|
Menyusun silabus terkait PLH secara integrasi
|
Setiap Juli
|
Kepsek, Guru mata pelajaran terkait
|
Silabus mata pelajaran terintegrasi
|
Masih kurang pemahaman tentang PLH
|
Diadakan pelatihan / seminar
|
2
|
Menyusun silabus berisikan materi isu lokal LH pada indikator mata pelajaran terkait
|
Setiap Juli
|
Kepsek, Guru mata pelajaran terkait
|
Silabus berisikan materi isu lokal LH pada indikator mata pelajaran terkait
|
Dalam penyesuaian dengan materi yang telah ditentukan
|
Disusun dengan mempertimbangkan masuknya materi isu lokal LH
|
3
|
Menyusun silabus berisikan materi isu global LH pada indikator mata pelajaran terkait
|
Setiap Juli
|
Kepsek, Guru mata pelajaran terkait
|
Silabus berisikan materi isu global LH pada indikator mata pelajaran terkait
|
Dalam penyesuaian dengan materi yang telah ditentukan
|
Disusun dengan mempertimbangkan masuknya materi isu global LH
|
4
|
Menyusun silabus dengan metode pembelajaran yang bervariasi
|
Setiap Juli
|
Kepsek, Guru mata pelajaran terkait
|
Silabus Mapel dengan metode pembelaja ran yang bervariasi
|
sarana yang terbatas untuk mendukung metode pembelaja ran
|
Diusahakan menambah sarana yang dapat digunakan untuk pembelaja ran
|
5
|
Menyusun silabus dengan pemanfaatan sumber belajar PLH yang ada disekolah
|
Setiap Juli
|
Kepsek, Guru mata pelajaran terkait
|
Silabus mata pelajaran dengan pemanfaatan sumber belajar PLH yang ada disekolah
|
-
|
-
|
6
|
Pencangkokan tanaman
|
sesuai jadwal muatan lokal
|
Siswa
|
Siswa dapat mencangkok tanaman / pohon
|
-
|
-
|
7
|
Pengolahan sampah
|
sesuai jadwal muatan lokal
|
siswa
|
Siswa dapat mengelola sampah secara sederhana
|
Mesin pengolah sampah yang terbatas
|
Penambahan mesin pencacah sampah
|
C. Pengembangan Kegiatan Lingkungan Berbasis Partisipatif
No
|
Kegiatan
|
Pelaksanaan
|
Sasaran
|
Hasil yang dicapai
|
Kendala pelaksanaan
|
Tindak lanjut
|
1
|
Piket Kebersihan
|
Setiap hari
|
Siswa
|
Ada jadwal kebersihan sekolah
|
-
|
Dilakukan secara berkelanju tan
|
2
|
Lomba Kebersihan kelas
|
Setiap 3 bulan sekali
|
Siswa
|
Meningkat nya motivasi siswa dalam menjaga kebersihan kelas dan lingkungan sekitarnya
|
-
|
Dilakukan secara berkelanju tan
|
3
|
Penanaman Pohon / penghijauan yang melibatkan masyarakat
|
Maret 2014
|
Warga sekolah, masyarakat sekitar
|
Teciptanya lingkungan Sekolah dan sekitarnya yang hijau
|
Masih kurang kerjasama dengan masyarakat
|
Diusahakan adanya pendekatan yang lebih intensif dengan masyarakat
|
4
|
Lomba Sekolah Sehat (UKS)
|
Sesuai jadwal Lomba
|
warga sekolah
|
Sekolah yang bersih dan sehat
|
Masih ada sarana yang kurang
|
Penamba han sarana prasarana
|
5
|
Aksi penanaman sejuta pohon
|
Maret 2014
|
warga sekolah, masyarakat sekitar
|
Lingkungan sekolah dan sekitarnya yang rindang
|
-
|
Terus diikuti setiap tahunnya
|
D. Pengembangan dan atau Pengelolaan Sarana Pendukung Sekolah Yang Ramah Lingkungan
No
|
Kegiatan
|
Pelaksanaan
|
Sasaran
|
Hasil yang dicapai
|
Kendala pelaksanaan
|
Tindak lanjut
|
1
|
pemanfaatan Rumah kaca
|
sesuai jadwal muatan lokal
|
Siswa
|
Siswa dapat memanfaatkan rumah kaca
|
kondisi bangunan
|
perbaikan bangunan
|
2
|
Pemanfaatan pohon/kebun
|
sesuai jadwal muatan lokal
|
Siswa
|
Siswa dapat menanam/mencangkok dengan baik
|
-
|
-
|
3
|
Pembibitan
|
sesuai jadwal muatan lokal
|
Siswa
|
Siswa dapat melakukan pembibitan tanaman
|
-
|
-
|
4
|
Pemanfaatan mesin pencacah sampah
|
sesuai jadwal muatan lokal
|
Siswa
|
Siswa dapat melakukan pengelolaan sampah
|
Jumlah yang terbatas
|
Diusahakan penambahan mesin
|
5
|
Pengaturan ruang kelas
|
setiap hari
|
siswa
|
Ruang kelas memenuhi syarat kesehatan
|
-
|
-
|
6
|
Pemeliharaan dan pengaturan pohon peneduh / penghijauan
|
setiap hari
|
warga sekolah
|
Lingkungan sekolah yang teduh dan rindang
|
-
|
Terus dipelihara
|
7
|
Membuat jadwal kegiatan pengelolaan sanitasi
|
Setiap Juli
|
siswa, guru, staf tata usah
|
Adanya jadwal/piket pengelolaan sanitasi
|
Belum optimal dilakukan
|
Pengoptimalan jadwal kegiatan pengelolaan sanitasi
|
8
|
pengadaan bong untuk air bersih di setiap halaman depan kelas
|
Maret 2014
|
warga sekolah
|
Tersedianya tempat cuci tangan bagi siswa dan guru
|
-
|
Pemeliharaan dan penambahan jumlah
|
9
|
Penambahan WC siswa
|
Novem ber 2014
|
warga sekolah
|
Tersedianya WC tambahan bagi siswa
|
-
|
Diusahakan ada penambahan wc lagi
|
10
|
Pembuatan penampu ngan air limbah
|
sudah ada sebelum
nya
|
warga sekolah
|
Tersedianya tempat penampu ngan air limbah
|
-
|
-
|
11
|
Membuat surat edaran penghema tan SDA
|
Maret 2014
|
Kepsek, guru, siswa
|
Surat Edaran penghema tan SDA
|
-
|
Revisi jika diperlukan
|
12
|
Sosialisasi penghema tan SDA
|
Maret 2014 – Juni 2014
|
warga sekolah
|
Tersosialisasinya surat edaran penghema tan SDA
|
-
|
-
|
13
|
Membuat himbauan-himbauan dilokasi tertentu
|
Maret 2014 – Juni 2014
|
Kepsek, guru
|
Adanya poster/himbauan di lingkungan sekolah
|
-
|
Akan diperbanyak lagi
|
14
|
Mengangkat pengawas kantin
|
Juli 2014
|
Kepsek, guru
|
Adanya SK pengawas kantin
|
-
|
-
|
15
|
Membuat tata tertib kantin
|
Juli 2014
|
Kepsek, guru, pedagang kantin
|
Tata tertib kantin
|
-
|
Revisi jika diperlukan
|
16
|
Menyediakan tempat sampah terpisah
|
April 2014
|
warga sekolah
|
Tersedianya Tempat sampah terpisah di kantin
|
-
|
Pemelihara an dan perbaikan
|
17
|
Menyediakan tempat cuci tangan
|
April 2014
|
siswa, pedagang kantin
|
Tersedianya bong tempat cuci tangan di kantin
|
-
|
Pemelihara an dan perbaikan
|
18
|
Menempel kan poster/himbauan makanan sehat
|
April 2014
|
Kepsek, guru, pedagang kantin
|
Adanya poster / himbauan makanan sehat di kantin
|
-
|
Penamba han jumlah
|
19
|
Menyediakan tempat sampah terpisah di setiap halaman depan ruangan
|
April 2014
|
warga sekolah
|
Tersedianya tempat sampah terpisah di setiap halaman depan ruang kelas dan guru
|
-
|
Pemelihara an dan perbaikan
|
20
|
Membuat/menyediakan tempat penampu ngan sampah sementara
|
April 2014
|
warga sekolah
|
Tersedianya bak sampah penampu ngan sementara
|
-
|
Pemelihara an dan perbaikan
|
21
|
Membuat Piket kebersihan guru dan siswa
|
Setiap Juli
|
Guru, siswa
|
Jadwal / piket kebersihan
|
-
|
Terus berkelanju tan
|
22
|
Penampu ngan sampah sementara
|
April 2014
|
siswa
|
Tempat penampung Sampah sementara
|
Jumlah terbatas
|
Penamba han jumlah tempat penampu ngan sementara
|
D. Faktor pendukung keterlaksanaan
Dalam mewujudkan Program Adiwiyata, SMA Negeri 1 Rantau memiliki potensi yang sangat besar, yaitu :
1. SMA Negeri 1 Rantau merupakan Sekolah Sehat, yang telah mengikuti lomba Sekolah Sehat selama 2 tahun berturut-turut dan pada tahun 2012 dan 2013. Hal ini sangat mendukung sekali dan berkaitan erat dengan Program adiwiyata karena mengenai kebersihan dan kesehatan lingkungan sekolah sudah tidak perlu diragukan lagi dan telah tertanam dalam pembiasaan warga sekolah.
2. SMA Negeri 1 Rantau secara fisik sangat indah, rindang dan nyaman dengan penataan lingkungan sekolah yang baik, berupa taman sekolah, pengelolaan sarana dan prasarana sekolah, kantin maupun pengeloaan sampah. Ini telah lama dilakukan dan terus berkelanjutan setiap tahun dengan mengadakan perbaikan dan penyempurnaan diberbagai tempat. Hal ini yang menjadi salah satu faktor SMA Negeri 1 Rantau.
3. Dukungan yang besar dari semua warga sekolah. Adanya rasa kebersamaan untuk menjadikan SMA Negeri 1 Rantau sebagai sekolah yang sehat, peduli dan berbudaya lingkungan menjadi modal utama untuk dapat mencapai cita-cita tersebut.
4. Adanya muatan local berupa keterampilan pertanian yang mendukung program ini
Demikian potensi dan kendala SMA Negeri 1 Rantau dalam mewujudkan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan.
E. Hasil yang diharapkan
Hasil yang diharapkan dengan dijadikan Sekolah adiwiyata sebagai program unggulan sekolah adalah:
1. Terciptanya kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran & penyadaran warga sekolah (guru, murid & pekerja lainnya), sehingga di kemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggung jawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan & pembangunan berkelanjutan
2. Memperoleh juara 1 tingkat provinsi untuk mewakili Kalimantan Selatan dalam lomba tingkat Nasional
F. Jadwal Kegiatan Tahun Pelajaran 2013/2014
Kegiatan
|
Bulan
| ||||||||||||
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
| ||
Sosialisasi Visi dan Misi sekolah Adiwi-yata
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
| |
Mengevaluasi pelak-sanaan Visi dan misi Sekolah adiwiyata
|
√
|
√
| |||||||||||
Himbauan untuk pengintegrasian PLH dalam Mata Pela-jaran dan Pengem-bangan diri
|
√
| ||||||||||||
Menyusun Kuri-kulum Sekolah (KTSP) yang mengintegrasikan PLH dalam Mata Pelajaran dan pengembangan diri
|
√
| ||||||||||||
Pengembangan kurikulum pembe-lajaran PLH secara monolitik
|
√
| ||||||||||||
Penanaman pohon / penghijauan
|
√
| ||||||||||||
Lomba kebersihan kelas dan lingkungan sekitarnya
|
√
|
√
|
√
|
√
| |||||||||
Lomba mengarang / poster bertema Lingkungan
|
√
| ||||||||||||
Pengarahan pada saat upacara bendera
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
| |
pengarahan pada saat rapat komite
|
√
| ||||||||||||
Sosialisasi Pedoman Hemat Sumber Daya Alam
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
| |
Sosialisasi Pedoman Budaya Bersih dan Sehat
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
| |
Penyediaan prasarana kebersihan
|
√
|
√
| |||||||||||
Pembelian pohon dan tanaman hias/bunga
|
√
|
√
| |||||||||||
Menyusun silabus terkait PLH secara integrasi
|
√
| ||||||||||||
Menyusun silabus mata pelajaran PLH
|
√
| ||||||||||||
Menyusun silabus berisikan materi isu lokal LH pada mata pelajaran terkait
|
√
| ||||||||||||
Menyusun silabus berisikan materi isu global LH pada mata pelajaran terkait
|
√
| ||||||||||||
Menyusun silabus dengan metode pembelajaran yang bervariasi
|
√
| ||||||||||||
Menyusun silabus dengan pemanfaatan sumber belajar PLH yang ada disekolah
|
√
| ||||||||||||
Menyusun silabus mata pelajaran PLH dengan pemanfaatan sumber belajar PLH yang ada disekolah
|
√
| ||||||||||||
Pencangkokan tanaman
|
√
|
√
| |||||||||||
Pengolahan sampah
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
| |
Perbaikan pemanfaatan Rumah kaca
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
| |||||
Penanaman Pohon / penghijauan
|
√
|
√
| |||||||||||
Pemeliharaan dan pengaturan pohon peneduh / penghijauan
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
| |
pengadaan bong untuk air bersih di setiap halaman depan kelas
|
√
| ||||||||||||
Perbaikan saluran drainase
|
√
|
G. Pembiayaan
Dana untuk pelaksanaan Program Adiwiyata SMAN 1 Rantau sebesar Rp. 50.625.000,-. Dana tersebut bersumber dari Dana BOS-D dan BOS Pusat dengan rincian sebagai berikut :
BOS-D = Rp. 26.900.00,-
BOS Pusat = Rp. 23.725.000,-
H. Penutup
Pemilihan program Adiwiyata ini sebagai program unggulan sekolah diharapkan dapat meningkatan kualitas sekolah baik perilaku peduli dan berbudaya lingkungan, maupun tercipta peningkatan kualitas lingkungan sekolah dan masyarakat sekitarnya yang lebih baik.
Dengan partsipasi semua pihak dalam melaksanakan dan mendukung program Adiwiyata, maka akan terjadi perubahan perilaku yang berbudaya lingkungan, peningkatan kualitas sumberdaya manusia dan kualitas lingkungan hidup, yang akan mendukung perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup di sekolah. Disamping itu tentu kita semua berharap dapat memperoleh juara dalam lomba adiwiyata nasional.
Rantau, Januari 2014
Kepala Sekolah
Drs. Muhammad Nurdin,M.Pd.
NIP 19670222 199203 1 007
Tidak ada komentar:
Posting Komentar