PROGRAM KEGIATAN

PROGRAM ADIWIYATA
SMA NEGERI 1 RANTAU
TAHUN PELAJARAN 2014-2015

A.           Latar Belakang

Kementerian Negara Lingkungan Hidup bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan Nasional telah menggulirkan Program Adiwiyata, yaitu Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan dengan harapan dapat mengajak warga sekolah melaksanakan proses belajar mengajar materi lingkungan hidup dan turut berpatisipasi melestarikan serta menjaga lingkungan hidup di sekolah dan sekitarnya. Tujuan program ini adalah menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, sehingga dikemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggung jawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan dan pembangunan berkelanjutan.

Tujuan dari program Adiwiyata adalah menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran & penyadaran warga sekolah (guru, murid & pekerja lainnya), sehingga di kemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggung jawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan & pembangunan berkelanjutan .
Disamping itu,  indikator Program Adiwiyata yang dijabarkan dalam 4 kriteria itu jika dilaksanakan memiliki keuntungan yang besar bagi sekolah. Hal ini yang memberikan motivasi kepada kami pihak sekolah dalam mengikuti program adiwiyata ini.

Potensi yang dimiliki SMA Negeri 1 Rantau sangat mendukung untuk mengikuti lomba Adiwiyata. Untuk itulah , kami menjadikan Sekolah Adiwiyata sebagai program unggulan sekolah untuk tahun pelajaran 2013/2014  dalam rangka meraih juara dalam lomba sekolah adiwiyata tingkat provinsi dan dapat mewakili Kalimantan Selatan untuk tingkat nasional.

B.            Tujuan
1.      Mendukung pencapaian standar kompetensi/ kompertensi dasar dan standar kompetensi lulusan (SKL) pendidikan dasar dan menengah.
2.      meningkatkan efesiensi penggunaan dana operasional sekolah melalui penghematan dan pengurangan konsumsi dari berbagai sumber daya dan actor.
3.      Menciptakan kebersamaan warga sekolah dan kondisi belajar mengajar yang lebih nyaman dan kondusif.
4.      Menjadi tempat pembelajaran tentang nilainilai pemeliharaan dan pengelolaan lingkungan hidup yang baik dan benar bagi warga sekolah dan masyarakat sekitar.
5.      Meningkatkan upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup meIalui kegiatan pengendalian pencemaran, pengendalian kerusakan dan pelestarian fungsi lingkungan di sekolah.

C.      Deskripsi Program
Dalam rangka mewujudkan Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan, SMA Negeri 1 Rantau menyusun rencana kegiatan yang akan dicapai selama 4 tahun kedepan. Rencana kegiatan ini disusun pada Tahun Pelajaran 2013/2014.

1.  Tabel Rencana Kegiatan jangka menengah
A. Pengembangan Kebijakan Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan
Tujuan
Kegiatan
Sasaran
Output
Waktu Tahun Ke-
I
II
III
IV
Mengembangkan Visi dan Misi
Menyusun Visi dan Misi Sekolah Adiwiyata
Kepsek, Guru, Komite
Visi dan Misi tercantum dalam KTSP




Sosialisasi Visi dan Misi sekolah Adiwiyata
Seluruh warga sekolah
Tersosialisasi Visi dan Misi Sekolah adiwiyata




Mengevaluasi pelaksanaan Visi dan misi Sekolah adiwiyata
Seluruh warga sekolah
Perbaikan atau revisi misi dan visi sekolah



Mengembangkan kurikulum Pendidikan Lingkungan hidup
Himbauan untuk pengintegrasian PLH dalam Mata Pelajaran dan Pengembangan diri
Guru mata pelajaran IPA,IPS, Penjaskes, Pendidikan Agama, Muatan Lokal dan Pengembangan diri
PLH terintegrasi dalam mata pelajaran tertentu




Menyusun Kurikulum Sekolah (KTSP) yang menginte-grasikan PLH dalam Mata Pelajaran dan pengembangan diri
Kepsek, Guru dan Komite
Tersusunnya muatan PLH dalam mata pelajaran tertentu dalam KTSP




Pengembangan kurikulum pembe-lajaran PLH secara monolitik
Kepsek, guru dan komite
Adanya mata pelajaran PLH dalam muatan local



Melaksanakan kegiatan rutin tahunan yang bertema Lingkungan hidup
Penanaman pohon / penghijauan
Seluruh warga sekolah
Sekolah yang hijau dan rindang




Lomba kebersihan kelas dan ling-kungan sekitarnya
Siswa
Kelas yang bersih dan sehat




Lomba menga-rang / poster ber-tema Lingkungan
Siswa
Peningkatan kemampuan menulis dan pemahaman tentang LH



Peningkatan Kapasitas SDM warga sekolah
Seminar
Kepsek dan guru
Meningkatnya pemahaman tentang PLH




Lokakarya / workshop
Kepsek dan guru
Meningkatnya keterampilan dalam menge-lola LH




Studi Banding
Kepsek dan guru
Menambah pengetahuan tentang Adiwiyata



Sosialisasi penerapan PLH
Pengarahan pada saat upacara bendera
Seluruh warga sekolah
Tersosialisasi-nya penerapan PLH




pengarahan pada saat rapat komite
komite / orang tua siswa
Tersosialisasi-nya penerapan PLH



Ffisiensi penggu-naan air, listrik, alat tulis kantor
Meyusun surat keputusan tentang petunjuk pelaksa-naan hemat SDA
Kepsek, Guru dan staf Tata usaha
Pedoman Hemat Sumber Daya Alam




Sosialisasi Pedo-man Hemat Sum-ber Daya Alam
Seluruh warga sekolah
Tersosialisasi-nya Pedoman Hemat SDA



Terciptanya lingkungan yang bersih dan sehat
Menyusun surat keputusan tentang petunujuk pelak-sanaan sekolah yang bersih dan sehat
Kepsek, Guru dan staf Tata usaha
Pedoman Budaya Bersih dan Sehat




Sosialisasi Pedo-man Budaya Bersih dan Sehat
Seluruh warga sekolah
Tersosialisasi-nya Pedoman Budaya Ber-sih dan Sehat



Mengalokasikan anggaran bagi kegiatan PLH
Penyediaan prasa-rana kebersihan
Sekolah
Lingkungan sekolah yang bersih




Pembelian pohon dan tanaman hias/ bunga
Sekolah
Lingkungan sekolah yang hijau dan indah




Pelatihan bertema lingkungan hidup di sekolah
Kepsek, guru
Terampil dalam pengolahan sampah dan pembuatan kompos




B. Pengembangan Kurikulum Berbasis Lingkungan Hidup
Tujuan
Kegiatan
Sasaran
Output
Waktu Tahun Ke-
I
II
III
IV
Mengembangkan kurikulum pembe-lajaran PLH
Menyusun silabus terkait PLH secara integrasi
Kepsek, Guru mata pelajaran terkait
Silabus mata pelajaran terintegrasi




Menyusun silabus mata pelajaran PLH
Kepsek, Guru mata pelajaran PLH
Silabus Mata pelajaran PLH



Mengembangkan materi PLH berda-sarkan isu local
Menyusun silabus berisikan materi isu acto LH pada acto-ror mata pelajaran terkait
Kepsek, Guru mata pelajaran terkait
Silabus beri-sikan materi isu acto LH pada actoror mata pelajaran terkait




Menyusun silabus berisikan materi isu acto LH pada acto-ror mata pelajaran PLH
Kepsek, Guru mata pelajaran PLH
Silabus beri-sikan materi isu acto LH pada actoror mata pelajaran PLH



Mengembangkan materi PLH berda-sarkan isu global
Menyusun silabus berisikan materi isu global LH pada actoror mata pela-jaran terkait
Kepsek, Guru mata pelajaran terkait
Silabus berisi-kan materi isu global LH pa-da actoror ma-ta pelajaran terkait




Menyusun silabus berisikan materi isu global LH pada actoror mata pela-jaran PLH
Kepsek, Guru mata pelajaran PLH
Silabus berisi-kan materi isu global LH pa-da actoror mata pelajaran PLH



Mengembangkan metode pembela-jaran PLH
Menyusun silabus dengan metode pembelajaran yang bervariasi 
Kepsek, Guru mata pelajaran terkait
Silabus Mapel terintegrasi dan atau monolitik



Memanfaatkan sumber belajar PLH
Menyusun silabus dengan peman-faatan sumber belajar PLH yang ada disekolah
Kepsek, Guru mata pelajaran terkait
silabus deng-an pemanfa-atan sumber belajar PLH yang ada disekolah




Menyusun silabus mata pelajaran PLH dengan pemanfaatan sumber belajar PLH yang ada disekolah
Kepsek, Guru mata pelajaran PLH
Silabus Mata pelajaran PLH dengan pemanfaatan sumber bela-jar PLH yang ada disekolah



Mengimplementasikan hasil pembe-lajaran PLH dalam kegiatan kurikuler
Pencangkokan tanaman
Siswa
Siswa dapat mencangkok tanaman / pohon




Pengolahan sampah
Siswa
Siswa dapat mengelola sampah secara sederhana




C. Pengembangan Kegiatan Lingkungan Berbasis Partisipatif
Tujuan
Kegiatan
Sasaran
Output
Waktu
I
II
III
IV
Mengembangkan kegiatan dalam ekstrakurikuler atau kokurikuler
Piket Kebersihan
Siswa
Ada jadwal kebersihan sekolah




Lomba Kebersihan kelas
Siswa
Meningkatnya motivasi siswa dalam menjaga kebersihan ke-las dan ling-kungan seki-tarnya




Masa orientasi Siswa Baru
Siswa
Siswa baru dapat mengenal tentang PLH




Lomba majalah dinding
Siswa
Meningkatnya kemampuan menulis siswa




Kemah Bakti
Siswa
Siswa dapat mempraktek kan matei PLH yang didapatnya



Mengadakan kegiatan-kegiatan LH yang melibat-kan masyarakat sekitar
Penanaman Pohon / penghijauan 
Warga seko-lah,masya-rakat sekitar
Teciptanya lingkungan Sekolah dan sekitarnya yang hijau




Seminar
guru diwila-yah kecama-tan Rantau
Mensosialisasikan PLH kepada guru-guru sekolah lain



Mengikuti kegiat-an LH yang dipra-karsai pihak luar
Lomba Sekolah Sehat (UKS)
warga seko-lah
Sekolah yang bersih dan sehat




Aksi penanaman sejuta pohon
warga seko-lah, masya-rakat sekitar
Lingkungan sekolah dan sekitarnya yang rindang




Lomba pidato bertema lingkungan
Siswa siswa di sekolah se-kecamat-an
Meningkatnya kemampuan berpidato dan pemahaman LH pada siswa



Melakukan kemi-traan dengan pihak luar dalam pe-ngembangan PLH
Penyusunan materi ajar lingkungan hidup
Guru dan pihak terkait
Tersusunnya materi ajar muatan acto PLH




D. Pengembangan dan atau Pengelolaan Sarana Pendukung Sekolah Yang Ramah Lingkungan
Tujuan
Kegiatan
Sasaran
Output
Waktu
I
II
III
IV
Memanfaatkan sarana pendukung sekolah sebagai media pembela-jaran
Pemanfaatan Rumah kaca
Siswa
Siswa dapat memanfaat kan rumah kaca




Pemanfaatan pohon/kebun
Siswa
Siswa dapat menanam/mencangkok dengan baik




Pembibitan
Siswa
Siswa dapat melakukan pembibitan tanaman




Pemanfaatan mesin pencacah sampah
Siswa
Siswa dapat melakukan pengelolaan sampah



Mengelola sarana dan prasarana sekolah yang ramah lingkungan
Pengaturan ruang kelas
siswa
Ruang kelas memenuhi syarat kesehatan




Pemeliharaan dan pengaturan pohon peneduh / penghi-jauan
warga seko-lah
Lingkungan sekolah yang teduh dan rindang



Mengelola fasilitas sanitasi
Membuat jadwal kegiatan pengelo-laan sanitasi
siswa, guru, staf tata usaha
Adanya jadwal/ piket pengelo-laan sanitasi




pengadaan bong untuk air bersih di setiap halaman depan kelas
warga seko-lah
Tersedianya tempat cuci tangan bagi siswa dan guru




Penambahan WC siswa
warga seko-lah
Tersedianya WC tambahan bagi siswa




Pembuatan penam-pungan air limbah
warga seko-lah
Tersedianya tempat penampungan air limbah




Perbaikan saluran drainase
warga seko-lah
Saluran drainasi yang lebih baik



Menghemat SDA
Membuat surat edaran penghemat-an SDA
Kepsek, guru , siswa
Surat Edaran penghematan SDA




Sosialisasi penghe-matan SDA
warga seko-lah
Tersosialisasinya surat edaran penghematan SDA




Membuat himbau-an-himbauan dilo-kasi tertentu
Kepsek, guru
Adanya pos-ter/himbauan di ling-kungan sekolah



Mengelola kantin dan atau makanan yang sehat
Mengangkat pengawas kantin
Kepsek, guru
Adanya SK pengawas kantin




Membuat tata tertib kantin
Kepsek, guru, peda-gang kantin
Tata tertib kantin




Menyediakan tempat sampah terpisah
warga sekolah
Tersedianya Tempat sampah terpisah di kantin




Menyediakan tempat cuci tangan
siswa, pedagang kantin
Tersedianya bong tempat cuci tangan di kantin




Menempelkan poster/himbauan makanan sehat
Kepsek, guru, peda-gang kantin
Adanya poster / himbauan makanan sehat di kantin



Mengelola sampah
Menyediakan tempat sampah terpisah di setiap halaman depan ruangan
warga seko-lah
Tersedianya tempat sam-pah terpisah di setiap hala-man depan ruang kelas dan guru




Membuat/menyediakan tempat penam-pungan sampah sementara
warga seko-lah
Tersedianya bak sampah penampungan semen-tara




Membuat Piket kebersihan guru dan siswa
Guru, siswa
Jadwal / piket kebersihan




Pengolahan sampah sederhana
Siswa
Sampah yang telah diolah




2. Pelaksanaan Program Adiwiyata sampai Tahun Pelajaran 2013/2014.
A. Pengembangan Kebijakan Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan
No
Kegiatan
Pelaksanaan
Sasaran
Hasil yang dicapai
Kendala pelaksanaan
Tindak lanjut
1
Menyusun Visi dan Misi Sekolah Adiwiyata
Juli 2013
Kepsek, Guru, Komite
Visi dan Misi tercantum dalam KTSP
-
Revisi jika diperlukan
2
Sosialisasi Visi dan Misi sekolah Adiwiyata
Juli 2013 – Juni 2017
Seluruh warga sekolah
Tersosialisasi Visi dan Misi Seko-lah adiwi-yata
-
-
3
Himbauan untuk pengin-tegrasian PLH dalam Mata Pelajaran dan Pengembangan diri
September 2013
Guru mata pelajaran IPA,IPS, Penjaskes,Pendidikan Agama, Muatan Lokal dan Pengembangan diri
PLH terintegrasi dalam mata pelajaran tertentu
Penyesuaian dengan Sila-bus yang telah disusun secara bersama da-lam MGMP
Penyesuaian Silabus dengan penambahan materi PLH
4
Penanaman pohon / penghijauan
Januari 2014
Seluruh warga sekolah
Sekolah yang hijau dan rindang
-
Dilakukan secara berkelanju  - tan
5
Pengarahan pada saat upacara bendera
setiap bulan
kepsek, guru
Tersosialisasinya penerapan PLH
-
-
6
pengarahan pada saat rapat komite
Rapat Komite bulan September 2013
Kepsek, komite / orang tua siswa
Tersosialisa sinya penerapan PLH
Tidak semua orangtua hadir
Diusahakan untuk menghadirkan seluruh wali murid
7
Meyusun surat keputusan tentang petunjuk pelaksanaan hemat SDA
Januari 2014
Kepsek, Guru dan staf Tata usaha
Pedoman Hemat Sumber Daya Alam
-
Revisi jika diperlukan
8
Sosialisasi Pedoman Hemat Sumber Daya Alam
Januari 2014 – Juni 2014
Seluruh warga sekolah
Tersosialisa sinya Pedoman Hemat SDA
-
-
9
Menyusun surat keputusan tentang petunujuk pelaksanaan sekolah yang bersih dan sehat
Januari 2014
Kepsek, Guru dan staf Tata usaha
Pedoman Budaya Bersih dan Sehat
-
Revisi jika diperlukan
10
Sosialisasi Pedoman Budaya Bersih dan Sehat
Januari 2014 – Juni 2014
Seluruh warga sekolah
Tersosialisasinya Pedoman Budaya Bersih dan Sehat
-
-
11
Penyediaan prasarana kebersihan
setiap Februari
Sekolah
Lingkungan sekolah yang bersih
Terbatasnya dana
kerjasama / mohon bantuan instansi terkait
12
Pembelian pohon dan tanaman hias/bunga
Maret 2014
Sekolah
Lingkungan sekolah yang hijau dan indah
Terbatasnya dana
kerjasama / mohon bantuan instansi terkait

B. Pengembangan Kurikulum Berbasis Lingkungan Hidup

No
Kegiatan
Pelaksa naan
Sasaran
Hasil yang dicapai
Kendala pelaksanaan
Tindak lanjut
1
Menyusun silabus terkait PLH secara integrasi
Setiap Juli
Kepsek, Guru mata pelajaran terkait
Silabus mata pelajaran terintegrasi
Masih kurang pemahaman tentang PLH
Diadakan pelatihan / seminar
2
Menyusun silabus berisikan materi isu lokal LH pada indikator mata pelajaran terkait
Setiap Juli
Kepsek, Guru mata pelajaran terkait
Silabus berisikan materi isu lokal LH pada indikator mata pelajaran terkait
Dalam penyesuaian dengan materi yang telah ditentukan
Disusun dengan mempertimbangkan masuknya materi isu lokal LH
3
Menyusun silabus berisikan materi isu global LH pada indikator mata pelajaran terkait
Setiap Juli
Kepsek, Guru mata pelajaran terkait
Silabus berisikan materi isu global LH pada indikator mata pelajaran terkait
Dalam penyesuaian dengan materi yang telah ditentukan
Disusun dengan mempertimbangkan masuknya materi isu global LH
4
Menyusun silabus dengan metode pembelajaran yang bervariasi 
Setiap Juli
Kepsek, Guru mata pelajaran terkait
Silabus Mapel dengan metode pembelaja ran yang bervariasi
sarana yang terbatas untuk mendukung metode pembelaja ran
Diusahakan menambah sarana yang dapat digunakan untuk pembelaja ran
5
Menyusun silabus dengan pemanfaatan sumber belajar PLH yang ada disekolah
Setiap Juli
Kepsek, Guru mata pelajaran terkait
Silabus mata pelajaran dengan pemanfaatan sumber belajar PLH yang ada disekolah
-
-
6
Pencangkokan tanaman
sesuai jadwal muatan lokal
Siswa
Siswa dapat mencangkok tanaman / pohon
-
-
7
Pengolahan sampah
sesuai jadwal muatan lokal
siswa
Siswa dapat mengelola sampah secara sederhana
Mesin pengolah sampah yang terbatas
Penambahan mesin pencacah sampah

C. Pengembangan Kegiatan Lingkungan Berbasis Partisipatif
No
Kegiatan
Pelaksanaan
Sasaran
Hasil yang dicapai
Kendala pelaksanaan
Tindak lanjut
1
Piket Kebersihan
Setiap hari
Siswa
Ada jadwal kebersihan sekolah
-
Dilakukan secara berkelanju   tan
2
Lomba Kebersihan kelas
Setiap 3 bulan sekali
Siswa
Meningkat nya motivasi siswa dalam menjaga kebersihan kelas dan lingkungan sekitarnya
-
Dilakukan secara berkelanju   tan
3
Penanaman Pohon / penghijauan yang melibatkan masyarakat 
Maret 2014
Warga sekolah,  masyarakat sekitar
Teciptanya lingkungan Sekolah dan sekitarnya yang hijau
Masih kurang kerjasama dengan masyarakat
Diusahakan adanya pendekatan yang lebih intensif dengan masyarakat
4
Lomba Sekolah Sehat (UKS)
Sesuai jadwal Lomba
warga sekolah
Sekolah yang bersih dan sehat
Masih ada sarana yang kurang
Penamba han sarana prasarana
5
Aksi penanaman sejuta pohon
Maret 2014
warga sekolah, masyarakat sekitar
Lingkungan sekolah dan sekitarnya yang rindang
-
Terus diikuti setiap tahunnya

D. Pengembangan dan atau Pengelolaan Sarana Pendukung Sekolah Yang Ramah Lingkungan
No
Kegiatan
Pelaksanaan
Sasaran
Hasil yang dicapai
Kendala pelaksanaan
Tindak lanjut
1
pemanfaatan Rumah kaca
sesuai jadwal muatan lokal
Siswa
Siswa dapat memanfaatkan rumah kaca
kondisi bangunan
perbaikan bangunan
2
Pemanfaatan pohon/kebun
sesuai jadwal muatan lokal
Siswa
Siswa dapat menanam/mencangkok dengan baik
-
-
3
Pembibitan
sesuai jadwal muatan lokal
Siswa
Siswa dapat melakukan pembibitan tanaman
-
-
4
Pemanfaatan mesin pencacah sampah
sesuai jadwal muatan lokal
Siswa
Siswa dapat melakukan pengelolaan sampah
Jumlah yang terbatas
Diusahakan penambahan mesin
5
Pengaturan ruang kelas
setiap hari
siswa
Ruang kelas memenuhi syarat kesehatan
-
-
6
Pemeliharaan dan pengaturan pohon peneduh / penghijauan
setiap hari
warga sekolah
Lingkungan sekolah yang teduh dan rindang
-
Terus dipelihara
7
Membuat jadwal kegiatan pengelolaan sanitasi
Setiap Juli
siswa, guru, staf tata usah
Adanya jadwal/piket pengelolaan sanitasi
Belum optimal dilakukan
Pengoptimalan jadwal kegiatan pengelolaan sanitasi
8
pengadaan bong untuk air bersih di setiap halaman depan kelas
Maret 2014
warga sekolah
Tersedianya tempat cuci tangan bagi siswa dan guru
-
Pemeliharaan dan penambahan jumlah
9
Penambahan WC siswa
Novem ber 2014
warga sekolah
Tersedianya WC tambahan bagi siswa
-
Diusahakan ada penambahan wc lagi
10
Pembuatan penampu ngan air limbah
sudah ada sebelum
nya
warga sekolah
Tersedianya tempat penampu ngan air limbah
-
-
11
Membuat surat edaran penghema tan SDA
Maret 2014
Kepsek, guru, siswa
Surat Edaran penghema tan SDA
-
Revisi jika diperlukan
12
Sosialisasi penghema tan SDA
Maret 2014 – Juni 2014
warga sekolah
Tersosialisasinya surat edaran penghema    tan SDA
-
-
13
Membuat himbauan-himbauan dilokasi tertentu
Maret 2014 – Juni 2014
Kepsek, guru
Adanya poster/himbauan di lingkungan sekolah
-
Akan diperbanyak lagi
14
Mengangkat pengawas kantin
Juli 2014
Kepsek, guru
Adanya SK pengawas kantin
-
-
15
Membuat tata tertib kantin
Juli 2014
Kepsek, guru, pedagang kantin
Tata tertib kantin
-
Revisi jika diperlukan
16
Menyediakan tempat sampah terpisah
April 2014
warga sekolah
Tersedianya Tempat sampah terpisah di kantin
-
Pemelihara an dan perbaikan
17
Menyediakan tempat cuci tangan
April 2014
siswa, pedagang kantin
Tersedianya bong tempat cuci tangan di kantin
-
Pemelihara an dan perbaikan
18
Menempel kan poster/himbauan makanan sehat
April 2014
Kepsek, guru, pedagang kantin
Adanya poster / himbauan makanan sehat di kantin
-
Penamba han jumlah
19
Menyediakan tempat sampah terpisah di setiap halaman depan ruangan
April 2014
warga sekolah
Tersedianya tempat sampah terpisah di setiap halaman depan ruang kelas dan guru
-
Pemelihara an dan perbaikan
20
Membuat/menyediakan tempat penampu ngan sampah sementara
April 2014
warga sekolah
Tersedianya bak sampah penampu ngan sementara
-
Pemelihara an dan perbaikan
21
Membuat Piket kebersihan guru dan siswa
Setiap Juli
Guru, siswa
Jadwal / piket kebersihan
-
Terus berkelanju tan
22
Penampu ngan sampah sementara
April 2014
siswa
Tempat penampung Sampah sementara
Jumlah terbatas
Penamba han jumlah tempat penampu ngan sementara

D.      Faktor pendukung keterlaksanaan
Dalam mewujudkan Program Adiwiyata, SMA Negeri 1 Rantau memiliki potensi yang sangat besar, yaitu :
1.      SMA Negeri 1 Rantau merupakan Sekolah Sehat, yang telah mengikuti lomba Sekolah Sehat selama 2 tahun berturut-turut dan pada tahun 2012 dan 2013. Hal ini sangat mendukung sekali dan berkaitan erat dengan Program adiwiyata karena mengenai kebersihan dan kesehatan lingkungan sekolah sudah tidak perlu diragukan lagi dan telah tertanam dalam pembiasaan warga sekolah.
2.      SMA Negeri 1 Rantau secara fisik sangat indah, rindang dan nyaman dengan penataan lingkungan sekolah yang baik, berupa taman sekolah, pengelolaan sarana dan prasarana sekolah, kantin maupun pengeloaan sampah. Ini telah lama dilakukan dan terus berkelanjutan setiap tahun dengan mengadakan perbaikan dan penyempurnaan diberbagai tempat. Hal ini yang menjadi salah satu faktor  SMA Negeri 1 Rantau.
3.      Dukungan yang besar dari semua warga sekolah. Adanya rasa kebersamaan untuk menjadikan SMA Negeri 1 Rantau sebagai sekolah yang sehat, peduli dan berbudaya lingkungan menjadi modal utama untuk dapat mencapai cita-cita tersebut.
4.      Adanya muatan local berupa keterampilan pertanian yang mendukung program ini
Demikian potensi dan kendala SMA Negeri 1 Rantau dalam mewujudkan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan.

E.       Hasil yang diharapkan
Hasil yang diharapkan dengan dijadikan Sekolah adiwiyata sebagai program unggulan sekolah adalah:
1.    Terciptanya kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran & penyadaran warga sekolah (guru, murid & pekerja lainnya), sehingga di kemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggung jawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan & pembangunan berkelanjutan
2.    Memperoleh juara 1 tingkat provinsi untuk mewakili Kalimantan Selatan  dalam lomba tingkat Nasional

F.       Jadwal Kegiatan Tahun Pelajaran 2013/2014


Kegiatan
Bulan
7
8
9
10
11
12
1
2
3
4
5
6

Sosialisasi Visi dan Misi sekolah Adiwi-yata









Mengevaluasi pelak-sanaan Visi dan misi Sekolah adiwiyata











Himbauan untuk pengintegrasian PLH dalam Mata Pela-jaran dan Pengem-bangan diri












Menyusun Kuri-kulum Sekolah (KTSP) yang mengintegrasikan PLH dalam Mata Pelajaran dan pengembangan diri












Pengembangan kurikulum pembe-lajaran PLH secara monolitik












Penanaman pohon / penghijauan












Lomba kebersihan kelas dan lingkungan sekitarnya












Lomba mengarang / poster bertema Lingkungan













Pengarahan pada saat upacara bendera









pengarahan pada saat rapat komite












Sosialisasi Pedoman Hemat Sumber Daya Alam









Sosialisasi Pedoman Budaya Bersih dan Sehat









Penyediaan prasarana kebersihan












Pembelian pohon dan tanaman hias/bunga













Menyusun silabus terkait PLH secara integrasi












Menyusun silabus mata pelajaran PLH












Menyusun silabus berisikan materi isu lokal LH pada  mata pelajaran terkait












Menyusun silabus berisikan materi isu global LH pada mata pelajaran terkait












Menyusun silabus dengan metode pembelajaran yang bervariasi 












Menyusun silabus dengan pemanfaatan sumber belajar PLH yang ada disekolah












Menyusun silabus mata pelajaran PLH dengan pemanfaatan sumber belajar PLH yang ada disekolah












Pencangkokan tanaman











Pengolahan sampah

Perbaikan pemanfaatan Rumah kaca










Penanaman Pohon / penghijauan 











Pemeliharaan dan pengaturan pohon peneduh / penghijauan









pengadaan bong untuk air bersih di setiap halaman depan kelas












Perbaikan saluran drainase












G.      Pembiayaan

Dana untuk pelaksanaan Program Adiwiyata SMAN 1 Rantau sebesar Rp. 50.625.000,-. Dana tersebut bersumber dari Dana BOS-D dan BOS Pusat dengan rincian sebagai berikut :
BOS-D      = Rp. 26.900.00,-
BOS Pusat = Rp. 23.725.000,-

H.      Penutup

Pemilihan program Adiwiyata ini sebagai program unggulan sekolah diharapkan dapat meningkatan kualitas sekolah baik perilaku peduli dan berbudaya lingkungan, maupun tercipta peningkatan kualitas lingkungan sekolah dan masyarakat sekitarnya yang lebih baik.

Dengan partsipasi semua pihak dalam melaksanakan dan mendukung program Adiwiyata, maka akan terjadi perubahan perilaku yang berbudaya lingkungan, peningkatan kualitas sumberdaya manusia dan kualitas lingkungan hidup, yang akan mendukung perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup di sekolah. Disamping itu tentu kita semua berharap dapat memperoleh juara dalam lomba adiwiyata nasional.



Rantau,  Januari 2014
Kepala Sekolah


Drs. Muhammad Nurdin,M.Pd.
NIP 19670222 199203 1 007

Tidak ada komentar:

Posting Komentar